Hard to Forget

Tempat untuk mencurahkan segala sesuatu yang tak akan mudah dilupakan

Lempah Kuning (Bangka)


Ehm....
MUngkin waktu mambaca judulnya banyak yang bingung ya...
Daripada bingung-bingung jingkrak-jingkrak (lebay.com hhaa) saiiaa kasih tau saja apa itu lempah kuning..

Yupz..Lempah kuning adalah masakan daerah dari Bangka.
Karena saya emank dari Bangka jadi saya mau mengshare sedikt makanan khas Bangka.
Kenapa disebut Lempah kuning??
karena kuahnya berwarna kuning yang didapat dari bumbu kunyit.
Biasanya bahan utama dari lempah kuning ini adalah ikan yang dipadukan dengan bumbu seperti kunyit, cabai merah, bawang merah, asam jawa, bawang putih, lengkuas, nanas dan yang paling penting harus ada belacan alias terasi.

Dan rasanya dijamin maknyoosss....
hoho...
ya walaupun saiiaa dari bangka tapi saya belum pernah memasak lempah kuning, tapi bagi yang suka masak boleh mencoba masakan asli daerah saya ini.
Ni untuk lebih jelasnya saya kasih tau bahan-bahan dan juga cara membuatnya.

Bahan-bahan:
1 ekor ikan tenggiri dipotong -potong
3 siung bawang merah
1 siung bawang putih
1 jari kunyit
1 jari lengkuas
1 lembar serai
3 buah cabe merah keriting
1 mangkok kecil air asam jawa


terasi,gula,garam dan penyedap rasa secukupnya
tambahkan nanas/mangga muda sesuai selera.

Cara olah:
Masukan semua bumbu yg sudah digiling halus dgn blender/ulekan. + air asam jawa ke dalam 1 liter air yang dimasak sampe mendidih kemudian masukan ikan nya.Setelah mendidih dan tercium aroma masukan nanas/mangga muda..Lempah kuning siap di hidangkan.

Gampangkan...
Selamat Mencoba

0 komentar:

Posting Komentar

vachryunhoo counter site

About this blog

Hot News

Pengikut

About Me

Foto saya
Ehm.... saia adalah seorang mahasiswi yang sedang menuntut ilmu disebuah perguruan tinggi swasta di JakseL...

About me